Gita Bahana Nusantara (GBN) Gelar Konser Kemerdekaan 2024 di Taman Fatahillah

Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara 2024, di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta, Sabtu, (10/8/2024) 

JAKARTA - Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, kelompok paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) mempersembahkan Konser Kemerdekaan bertajuk "Harmoni Nusantara Generasi Emas" yang digelar di Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta, Sabtu (10/8/2024).



Tentang Gita Bahana Nusantara. 
GBN merupakan tim orkestra dan paduan suara, beranggotakan pemuda-pemudi berusia 16-23 tahun dari seluruh provinsi di Indonesia yang berkreasi, menyalurkan bakat dan potensi di bidang musik. Setelah terpilih melalui audisi ketat, mereka hadir di momen penting kenegaraan, yaitu peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Dilansir situs Kemdikbud, Gita berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti nyanyian atau lagu, Bahana adalah gema, bunyi, suara riuh rendah, sedangkan Nusantara merupakan sebutan wilayah kepulauan Indonesia.

GBN artinya nyanyian yang membahana dari seluruh wilayah Indonesia. Gita Bahana Nusantara bukan hanya sekumpulan anak muda bermain musik, tapi kebanggaan para musisi yang berkarakter dan disiplin menjalankan tugas negara.

GBN menjadi wahana untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan cinta tanah air kepada kaum muda, menguatkan karakter, memberikan pengetahuan dan pemahaman keragaman seni budaya Indonesia, sekaligus memberikan inspirasi dan semangat bagi putra-putri terbaik ini untuk menjadi agen-agen perubahan dalam pemajuan kebudayaan di daerah.

Gita Bahana Nusantara menjadi wujud "Indonesia mini" dalam sebuah orkestrasi musik. Musik hanyalah media, sementara semangat yang mendasarinya adalah nasionalisme dan kebanggaan serta rasa cinta tanah air untuk membangun dan menumbuhkan sesuatu yang baik demi bangsa dan negara.

Terkini