Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Kodim 0505/JT Gelar Wayang Kulit


NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur - Meriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke -79, Kodim 0505/JT Gelar Wayang Kulit, dengan Lakon "Semar Membangun Kayangan" Dalang K.R.T.Ki Yakut Jedher Banyumas, mempersembahkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di halaman Makodim, Sabtu (10/08/24), Malam.

Acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk dimulai pada pukul 20.30 Wib dihadiri oleh Ketua Senawangi Marsekal Madya TNI (Purn) FH. Bambang Sulistyo, S.Sos, Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Burhanuddin,S.I.K.,S.H.,M.H., Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, S,Kom,M,Tr (Han), Pepadi 2 Pusat Teguh Cokro, Ketua KJM Pusat Caswan Riswanto, Komunitas Jedher Mania, Jajaran Muspika, para Prajurit PNS Kodim 0505/JT, Jajaran Polres Metro Jakarta Timur, Ketua RW.08 Pulogebang H. Yamin Nurohim,SE dan warga masyarakat sekitar Makodim.

Dalam sambutannya, Dandim 0505/Jakarta Timur Kolonel Arm Suyikno, S.Sos.,M.Si, menyampaikan" Pada malam ini kita dapat berkumpul untuk sama- sama menyaksikan pagelaran wayang kulit. dengan mengusung tema " Bersama TNI Wayang Bersatu Budaya Maju"
sangat menginspirasi Ketokohan semar sebagai simbol wong cilik, rakyat jelata, mencoba membangun kayangan. Kayangan yang dimaksud Semar bukanlah istana megah melainkan untuk mengembalikan sikap pemimpin untuk berorientasi pada rakyatnya.

Pemimpin harus memiliki rasa asah, asih, asuh, ngopeni (memelihara) dan ngayemi (memakmurkan). Tujuannya tercipta negeri makmur, adil, sejahtera, dan sentosa, gemah ripah loh jinawi.

Dengan semangat untuk melestarikan kebudayaan khususnya wayang kulit, merupakan salah satu diantaranya budaya jawa yang harus di lestarikan dan digaungkan oleh seluruh warga masyarakat.

" Terimakasih kami haturkan kepada Komunitas Jedher Mania (KJM) dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan pagelaran wayang kulit dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, sehingga rangkaian acara demi acara bisa terselenggara dengan baik dan tertib.

Kami Dandim 0505/JT bersama dengan Kapolres Metro Jakarta Timur dan Walikota Administrasi Jakarta Timur, terus bersinergi untuk memberikan hiburan serta Kamtibmas aman kondusif kepada warga masyarakat kota Administrasi Jakarta Timur, dalam hal ini pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang kondang K.R.T.Ki Jedher Banyumas. Untuk itu momentum wayang kulit ini, sebagai wujud kerjasama saling membantu bekerja sama, semangat Kebhinekaan Tunggal Ika dalam melestarikan kebudayaan asli Indonesia.

Dandim menambahkan, pada pagelaran wayang kulit ini adalah untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, dengan menggelar Wayang kulit semalam suntuk untuk warga masyarakat dan selamat menikmati acara dengan nyaman.

Usai acara sambutan yang disampaikan oleh Dandim 0505/JT, dilanjutkan penyerahan tokoh Semar Mbangun Kayangan secara simbolis dari Dandim kepada dalang K.R.T.Ki Jedher Banyumas sebagai tanda dimulainya pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, Pungkasnya.

Sumber: Pendim 0505/JT

Terkini