Ratusan Buruh Gelar Aksi Unjuk Rasa Didepan PT. Unitama Sari Mas, Menolak PHK Sepihak

Pekerja/Buruh PT. Unitama Sari Mas Gelar Aksi Unjuk Rasa, Menolak PHK Sepihak, Rabu, (31/7/2024). Dok. KonfederasiKasbi

JAKARTA - Pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Unitama Sari Mas (SB USM) tengah melakukan unjuk rasa didepan PT. Unitama Sari Mas, aksi unjuk rasa dimulai sejak Rabu, 31 Juli 2024, dengan menuntut penolakan terhadap PHK sepihak yang dilakukan oleh PT. Unitama Sari Mas terhadap ratusan buruhnya. 

Pantauan Media ini, pada Jumat, 2 Agustus 2024, aksi unjuk rasa masih berlangsung, dengan adanya beberapa tenda yang terpasang, sebelumnya dalam unjuk rasa dihadiri oleh basis KASBI dari Serikat Buruh Nusantara - SBN Tangerang, FS BP KASBI Subang, SBIT KASBI Subang, FS PJR - KASBI : Federasi Serikat Pekerja Jakarta Raya, FSPEK KASBI Karawang, dan basis KASBI daerah lainnya.

Unjuk Rasa Buruh PT. Unitama Sari Mas


Dalam aksi nya tersebut, Buruh PT. Unitama Sari Mas membawa beberapa tuntutan, yaitu :
1. Menuntut kepada PT. Unitama Sari Mas untuk mempekerjakan kembali buruh/pekerja yang di PHK sepihak. 
2. Menuntut kepada PT. Unitama Sari Mas berunding dengan Serikat Pekerja atas rencana relokasi perusahaan. 
3. Menuntut kepada PT. Unitama Sari Mas agar tetap menjalankan kewajibannya untuk memenuhi hak-hak dasar buruh/pekerja.
4. Menuntut kepada Gubernur DKI Jakarta melalui Pemerintah Daerah Provinsi dan Kota Dinas Ketenagakerjaan Kota dan Provinsi) agar menindak tegas perusahaan PT. Unitama Sari Mas yang melakukan Penutupan Pabrik dan relokasi dengan cara yang sewenang-wenang tanpa adanya proses dialog dan tidak demokratis.
5. Menuntut kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan RI agar memanggil perusahaan dan memberikan sanksi hukum yang sesuai perundangan Ketenagakerjaan yang berlaku

Diketahui perusahaan PT. Unitama Sari Mas terletak di Jalan Raya Pluit Selatan Blok S No. 3 yang sudah berdiri 30 tahun. Perusahaan yang bergerak di produsen dan distributor produk-produk kategori non-makanan seperti sampanye, pengharum ruangan, Lem Perangkap Tikus, Pembersih Toilet dan juga alat tulis (Pulpen Koreksi), Merek Produk perusahaan ini diantaranya DAHLIA, SEAGULL, KIRIKO dan FRESHGO. (ril/hr). 

Terkini