Pembinaan Mental Rohani Ideologi dan Kejuangan Prajurit dan PNS Kodim 0505/JT


NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur - Prajurit TNI dan PNS Kodim 0505/Jakarta Timur menerima ceramah Pembinaan Mental Rohani dan Ideologi Kejuangan dari Bintal Kodam Jaya/Jayakarta, bertempat di Aula Makodim 0505/Jakarta Timur, Senin (09/09/24).

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa sasaran inti pembinaan mental ideologi dan kejuangan adalah membangun Prajurit TNI dan PNS beserta keluarganya agar memiliki mental yang tangguh dan militan serta terhindar dari paham radikalisme yang tidak relevan dengan ideologi Pancasila.

Pembinaan mental dan rohani ini dapat membangkitkan kesadaran para anggota akan pentingnya sikap dan mental yang tangguh dalam rangka pelaksanaan tugas kedepan, karena dengan semangat kerja yang dilandasi mental rohani, mental ideologi kejuangan yang tangguh akan mampu mengoptimalkan pencapaian tugas pokok yang kita emban, tambah Kolonel Inf Johanies Victorianus Tethool.

Pengaruh globalisasi terhadap lingkungan kehidupan prajurit TNI PNS dan keluarganya dari segi positif adalah terjadinya perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kehidupan yang lebih baik. Sedangkan dampak negatif dari globalisasi adalah, pola hidup konsumtif, sikap individualistik, gaya hidup kebarat-baratan serta kesenjangan sosial.



Dalam kesempatan tersebut, Kabintal Kodam Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Johanies Victorianus Tethool menambahkan tentang bahaya Narkoba. Narkoba adalah zat yang dapat merusak fisik seseorang, zat yang menyerang kerja otak serta dapat merusak indra seseorang.

Sangsi menggunakan narkoba menurut agama dilarang atau tidak diperbolehkan, sesuai dengan undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika yang mana dalam undang-undang tersebut mengatakan bahwa pecandu dan pengedar dapat dikenai sanksi pidana penjara, denda rehabilitasi medis dan sosial hingga pidana mati, sedangkan hukuman bagi prajurit TNI yang menggunakan narkoba adalah hukuman pecat atau PDTH, tambah Kolonel Inf Johanies Victorianus Tethool.

Sumber: Pendim 0505/JT.

Terkini