Bersih Bersih Ciliwung Oleh Koramil 01/Jatinegara Sambut HUT TNI ke 79


NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur - Karya Bhakti Koramil Jatinegara berkolaborasi dengan warga, PPSU, SDA, UPK Air dan perangkat Kelurahan Bidara Cina, melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di bantaran sungai Ciliwung RT.15/07 Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kamis (03/10/24).

Pelaksanakan kegiatan pembersihan sampah yang ada di bantaran aliran sungai Ciliwung dari sampah yang menumpuk dan menghambat laju air sungai Ciliwungnya oleh personel gabungan Babinsa, warga dan aparat terkait Pemerintah daerah.

Pada kegiatan pembersihan sampah yang ada di bantaran sungai Ciliwung tersebut Danramil Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi menyampaikan arahannya, kegiatan karya bakti pembersihan sampah di bantaran sungai Ciliwung yang kita lakukan ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan membuangnya ke lokasi yang sudah ditentukan oleh Dinas kebersihan Kecamatan Jatinegara yakni lokasi TPST Bantar gebang Bekasi.

Ditambahkan Danramil, melalui bersih-bersih Ciliwung bisa menggugah kesadaran banyak pihak terkait penting menjaga lingkungan hidup. Sungai itu sumber air baku yang penting dan harus dijaga untuk keperluan minum, industri, pemukiman. di CIliwung ini sudah mulai banyak endapan yang mengakibatkan banjir, terutama masalah sampah.

Selain sampah, Sungai Ciliwung hadapi masalah banyak alih fungsi lahan di hulu hingga wilayah resapan air berkurang. Ketika hujan turun, air langsung ke sungai dan tak terserap. Banyak Tanah disekitar Ciliwung mengalami erosi hingga banyak sedimentasi dan banjir pun datang, pungkasnya.

Sumber: Pendim 0505/JT

Terkini